SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Sekolah : SMP Kelas/Semester : VII/Satu
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa Tahun Pelajaran : 2011/2012
Standar Kompetensi : Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1.Mendengarkan percakapan dalam berbagai kegiatan di lingkungan sekolah dan di rumah atau masyarakat tentang tempat umum | Teks percakapan kegiatan di lingkungan sekolah | - Mendengarkan percakapan, menceritakan isi percakapan dengan bahasa sendiri - Menjawab pertanyaan isi bacaan | 1. Mengungkapkan isi percakapan secara lisan dan tertulis dalam berbagai ragam bahasa jawa 2. Menjawab pertanyaan sesuai konteks pembicaraan | Individu Kelompok individu | Tertulis / Essay Penugasan | Apa isi pacelathon sing kok rungoake mau? Ragam basa apa sing gunakake kanggo guneman iku? | 2 x 40’ | Buku paket, LKS, majalah bahasa Jawa, tape recorder |
1.2.Mendengarkan cerita teman tentang budi pekerti/pahlawan dalam ragam ngoko dan krama | Bacaan tema pahlawan (Danang Sutawijaya) | - Mendengarkan bacaan dari guru/siswa - Siswa menuliskan nilai-nilai luhur yang terdapat dalam bacaan yang didengarkan | 1. Menuliskan nilai-nilai luhur yang terdapat dalam bacaan yang didengar 2. Menyebutkan tokoh/pelaku yang terdapat dalam cerita | - Tes tertulis - Tes lisan | Daftar pertanyaan | 1. Danang Sutawijaya putrane sapa? 2. Kepriye watake Arya Penangsang? 3. Golekana piwulang-piwulang kang bisa ditiru ? | 2 x 40’ | Cerita kethoprak, wayang |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Bercerita tentang tema tertentu menggunakan ragam ngoko, krama atau dialek | Teks dialog perkenalan | - Memperagakan dialog perkenalan di depan kelas dengan ragam bahasa ngoko dan krama - Bertanya jawab dengan teman sebangku tentang identitas diri dengan ragam ngoko dan krama - Menjawab pertanyaan tentang identitas diri | 1. Dapat menyebutkan identitas diri dengan ragam bahasa ngoko dan krama 2. Dapat menjawab pertanyaan lawan bicara dengan ragam bahasa ngoko dan krama | Tes unjuk kerja | Tes simulasi | Peragakan ing ngarep kelas nalika kowe tetepungan karo kancamu | 2 x 40’ | Buku LKS |
2.2. Menelpon atau menyam-paikan pesan-pesan kepada orang lain | Menelpon pesan | - Mendengarkan cara menelpon yang baik - Memperagakan cara bertelepon dengan benar | 1. Dapat menelpon secara santun sesuai keperluan 2. Dapat menerima telepon secara santun | Tes unjuk kerja | Tes simulasi | Peragakan cara menelpon lan nampani telepon kanti bener | 2 x 40’ | Buku LKS |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Membaca pemahaman bacaan sastra (cerita ketho0prak) atau bacaan non sastra dengan tema tertentu | Cerita ketoprak | 1. Siswa membaca cerita kethoprak 2. Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan secara ringkas dengan bahasa krama 3. Siswa menceritakan kembali isi bacaan secara ringkas dengan bahasa krama 4. Siswa melengkapi kalimat dengan rura basa | 1. Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan dengan bahasa krama 2. Menceritakan kembali isi bacaan secara ringkas dengan bahasa krama 3. melengkapi kalimat dengan rura basa | Tes tertulis | Uraian | Wangsulana pitakon ing ngisor iki manut naskah kethoprak! | 4 x 40’ | Majalah, buku paket |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar